ARSA 2022 di Akhir Masa Kepengurusannya

Secondary - Kamis, 29 September 2022 08:37 WIB

Secondary – Selasa, 27 September 2022

Dua hari yang lalu, para guru dan murid SMP Azhari Islamic School Rasuna berkumpul di ruang kelas VIII SMP.

Perkumpulan ini diadakan oleh ARSA (Azhari Rasuna Student Association), yang akan mempresentasikan laporan pertanggungjawaban dari masa kepengurusannya. Suasana perkumpulan begitu khidmat dan penuh haru. Dengan penuh kehati-hatian, para pengurus ARSA memaparkan hasil kerja di masa kepengurusannya kepada seluruh peserta perkumpulan. 

Setelah acara LPJ selesai, Ms. May selaku kepala sekolah SMP, menjabat tangan dan memeluk hangat para pengurus ARSA lama sebagai bentuk apresiasi atas integritas dan ketulusan mereka. Meski masih ada kekurangan dari segi teknis pelaksanaan LPJ, namun esensi dan orientasi dari perkumpulan ini terlaksana dengan baik.

Semoga Allah SWT memberkahi segala bentuk pergerakan yang telah dilaksanakan oleh pengurus lama ARSA, dan semoga dengan laporan pertanggungjawaban ini, calon pengurus ARSA yang baru bisa mengambil pelajaran untuk kepengurusan mereka, agar lebih berkembang ke arah yang lebih baik.

Kamis, 29 September 2022 M
Jiil Jurzani.

Projek Profil Pancasila 101 : Serunya Belajar Berbisnis

Secondary - Kamis, 01 September 2022 10:49 WIB

       AZHARI RASUNA – Kamis (25/8) peserta didik kedatangan tamu spesial di bidang bisnis.

       Sehari sebelumnya, peserta didik belajar ilmu jual beli dari disi pengetahuan sosial maupun syariah. Untuk menunjang hal tersebut, sekolah mendatangkan Kak Vikran, yang merupakan pebisnis muda di bidang beverage. Beliau memulai bisnisnya sejak usia SMA hingga sekarang telah memiliki 3 outlet di Mampang, Kalibata, dan Bekasi.

       Dalam kunjungannya, Kak Vikran tidak hanya menjelaskan cara berwirausaha, tetapi juga membagikan pengalamannya memulai terjun ke dunia bisnis. Peserta didik sangat antusias mendengarkan pengalaman Kak Vikran. Banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan peserta didik kepada Kak Vikran, seperti modal awal yang ia beliau keluarkan saat mulai berbisnis, bagaimana packaging yang dapat menarik minat calon pembeli, hingga cara menjalin kerja sama untuk mendapatkan investor.

       Dengan pengalaman yang diberikan, peserta didik tidak hanya belajar berbisnis, tetapi juga cara memulai. Mereka akan belajar bahwa memulai bukanlah hal yang mudah, tetapi proses tidak akan berjalan tanpa kita memulainya. Semoga ini dapat menjadi ajang peserta didik untuk menggali potensinya lebih dalam lagi. Aamiin 😊 (rigie/ilu:luthfi)

Projek Profil Pancasila 101 : Visitasi ke Pabrik Tahu

Secondary - rabu, 24 Agustus 2022 15:07 WIB

AZHARI RASUNA – Selasa (3/8) peserta didik kelas 7 mengadakan kunjungan ke pabrik tahu.

Masih dalam rangkaian Projek Profil Pancasila yang perdana, kelas 7 dipandu Ms Liza dan Ms Sunny mengadakan kunjungan ke pabrik tahu untuk mengintip secara langsung proses pembuatan tahu. Menempuh jarak sekitar 45 menit, peserta didik disambut oleh Pak Rifki, selaku pemilik pabrik tahu.

Dalam kunjungan tersebut, peserta didik tidak hanya melihat proses pembuatan tahu, tetapi mereka juga melakukan wawancara dengan pemilik dan buruh. Dalam wawancaranya, diketahui bahwa pabrik sudah berdiri sejak tahun 1993 dan saat ini kepemilikannya merupakan generasi kedua. Gross income per harinya mencapai Rp50 juta dengan memproduksi sebanyak 1 ton per harinya. Selain mengunjungi pabrik tahu, mereka juga berkunjung ke kandang sapi yang besar.

Melihat proses pembuatan tahu menjadi hal yang baru bagi peserta didik kelas 7. Pasalnya, jika selama ini mereka langsung mengonsumsi tahu, kali ini mereka dapat melihat langsung pembuatannya. Mulai dari perendaman kedelai selama 15 menit, lalu digiling, dan dimasak sekitar 15-20 menit. Setelah itu, disaring untuk kemudian difermentasi, dan dicetak sekitar 1-2 jam. Tidak hanya itu, limbah atau ampas tahu juga digunakan sebagai pakan ternak, yakni mencampurkannya dengan vitamin.

Adrian, selaku salah satu peserta didik kelas 7 mengungkapkan bahwa kunjungan ini adalah pengalaman baru. Ia menerangkan, “Aku senang banget soalnya aku jadi tau cara pembuatan tahu. Aku juga senang karena bisa lihat sapi-sapi yang besar.”

Selain itu, Vanessa menambahkan pengalamannya terkait suasana di pabrik. “Sebenarnya enak tapi di pabrik hawanya panas. Tapi aroma tahunya wangi banget. Enak.” ucapnya.
Setelah kunjungan ke pabrik tahu, peserta didik akan dikenalkan dengan jual beli secara umum dan juga syariah. Semoga kunjungan hari ini dapat menambah pengalaman bermakna bagi peserta didik. Aamiin 😊 (rigie/ilu:luthfi)

Projek Profil Pancasila 101 : Yuk! Produksi Tempe dan Susu Kedelai

Secondary - Selasa, 23 Agustus 2022 09:21 WIB

Secondary – Senin, 22 Agustus 2022

Pada hari ini, para murid di SMP Azhari Islamic School Rasuna melaksanakan kegiatan pertama dari rentetan kegiatan Projek Profil Pancasila. Dengan bertemakan “Kewirausahaan”, projek ini akan berlangsung terhitung dari hari ini sampai Hari Jum’at, 2 September 2022.

Nantinya, Projek Profil Pancasila ini akan diisi dengan sesi pemberian materi seputar pembuatan produk dari Kacang Kedelai, pembuatan poster dan video promosi, pembuatan materi laporan, kunjungan ke Pabrik Tahu, kemudian ditutup dengan pameran karya di Market Day.

Dan pagi ini, pemaparan materi seputar pengolahan kedelai menjadi tempe dan susu mendapatkan antusiasme yang besar dari para peserta didik. Mereka mempelajari bagaimana cara mengolah kedelai menjadi produk yang lebih variatif untuk dikonsumsi.

Semoga rentetan kegiatan selanjutnya dari Projek Profil Pancasila di SMP Azhari Islamic Rasuna ini diberikan kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT, serta mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Aamiin... (jiil jurzani/ilu:luthfi)

CONTACT

azharirasuna@gmail.com

(021) 57950043

  081282518451 / 081210091014

Jl.KH Ilyas No.39, Karet Kuningan,Kecamatan Setiabudi-Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

PPDB 2023/2024

Open Registration Academic Year 2023/2024

Whatsapp

Copyright © 2022. Azhari Islamic School Rasuna